Pages

Sabtu, 30 Oktober 2010

10 letusan gunung yang terbesar dalam sejarah manusia (in human history)

Hola reader,
mohon maaf nih, sebenernya postingan yg ke 3 ini telat banget, dari malem sih sudah jadi tetapi karena udah waktunya tidur, belum saya koreksi, jadi baru pagi ini saya koreksi, mohon maaf ya.

by the waysemoga keadaan kalian sehat selalu, semoga kalian semua bisa tetap sehat deh biar bisa baca postingan pikiran batur lagi, AMIIIIIINNNN YA ALLAH…..

sebelummya kalian sudah tau kan kabar mengenai meletusnya gunung merapi? Bahkan seluruh surat kabar Indonesia serang ramai memperbincangkannya, terlebih lagi kejadian ini membuat mata dunia kini tertuju pada Indonesia, kejadian ini tentunya membuat sang juru kunci pun menghembuskan nafas terakhirnya, yam bah marijan, ditemukan meninggal dalam posisi sujud, dan keadaan mayat yang wangi(they say it).

semoga semua perbuatan baiknya berbuah manis baginya. Saya selaku penulis pikiran batur, turut berbela sungkawa untuk semua korban gunung merapi, semoga keluarga yang di tinggalkan di beri ketabahan.
Amin….

di postingan ini, saya akan memposting 10 letusan gunung yang terbesar dalam sejarah manusia, so here it comes the dust…

10. gunung Unzen, Jepang, 1792.
Unzen
Gunung berapi yang terletak di kota Shimabara, Kyushu, Jepang ini erupsi dan memuntahkan laharnya yang terbesar pada tahun 1792, letusan gunung ini turut membawa tsunami yang meluluh lantakkan pemukiman penduduk dan menewaskan 1500 orang warga, setelah 200 tahun lebih kemudian gunung ini kembali memuntahkan lavanya, kali ini hanya menewaskan 43 orang saja.

09. gunung el-Chichon, Meksiko, 1982.
el chichon
 Terletak di daerah meksiko, gunung berapi ini meninggalkan bekas yang sangat dahsyat, dengan terbentuknya kawah yang sangat besar yang di isi dengan  sulfur, cairan asam yang terbentuk saat kubah runtuh ke dalam kawah dan air. Banyak orang mengira kalaau gunung ini sudah tidak aktif, tetapi pada saat gunung ini meletus pada tahun 1982, banyak sekali penduduknya yang panic dan membunuh 2.000 penduduk sekitar di Chiapas, Meksiko.

08, gunung Pinatubo, Filipina, 1991
pinatubo
letusan gunung Pinatubo ini sempat menjadi letusan terbesar ke dua abad 20, dengan perbandingan seperti gunung krakatau tetapi lebih kecil darpada ledakan gunung Tambora 1815, gunung ini meletus pada tanggal 5 juni dan menghembuskan material panas, seperti batu, debu panas, dan gas beracun. Gunung ini berhasil memakan korban sebanyak 800 orang dengan bekas sisa kawah yang besar

 07, gunung St.Helens, USA, 1980
St. Helens
Pada tanggal 18 Mei 1980, merupakan hari yang sangat mengkhawatirkan bagi Amerika, saat itulah gunung St. Helens meletus, letusan gunung ini merupakan letusan gunung yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, sebelum meletus, gunung ini enyebabkan gempa sebesar 5.1 magnitude menyebabkan  gunungpun mengalami pergeseran, Gunung berapi ini meletus hebat selama sembilan jam dan memakan 57 korban meninggal.

06. gunung Nevada del Ruiz, Columbia, 1985
sleeping Lion
Gunung mearpi ini mendapat julukan”the sleeping lion”, pada tahun 1985 saat gunung ini meletus, gunung ini merenggut nyawa sebanyak 23,000 di dekat desa amero, kebanyakan warga yang meningal tertidur gunung ini akan meletus saat malam hari. Gunung ini menyemburkan lava panas yang meengarah ke desa

05. gunung Kilauea, USA, 1983
kilauea
Gunung Kilauea sendiri berarti memuntahkan/menyemburkan, gunung ini mungkin bukan yang memberikan ledakan terbesar, tetapi gunung ini di sinyalir akan memuntahkan cairan lava dan bebatuan dengan kekuatan yang sangat besar dan terus menerus sampai 20 tahun meendatang, sehingga menjadikan gunung ini menjadi gunung berapi yang paling aktif hingga saat ini, letusan lava terbesar dari gunun gini terjadi pada tahun 1983.

04. gunung Vesuvius, Italia, 79
vesuvilus 1944
Pada saat gunung Vesuvius ini meletus, gunung ini meratakam kota pompei di bawah hujan debunya, mengubur semua kehidupan di pompein, telah terhitung hingga kini korbanya sebanyak 25000 orang yang terkubur, telah menjadi batu dan di teliti oleh para arkeolog, hingga kini terjadi belasan kali letusan dari gunung ini, dan yangterakhir pada tahun 1944.

03. gunung pelee, Martinique ( kepulauan karibia ), 1902
Mt. pelee
Gunung ini meletus pada tahun 1902, telah menelan korban jiwa sebanyak 29,000 orang dan menghancurkan seluruh bagian kota St. Pierre, kepulauan karibia,warga yang selamat menyaksikan gunung ini menghembuskan awan yang panas, saksi mata yang berada di perahu menyebutkan kalau gunung ini meledakan debu dan gas beracunnya membentuk jamur.

02. Krakatau, Indonesia, 1883
krakatau
Salah satu gunung yang aktif di kepulauan Indonesia ini meletus pada tahun 1883, dan berkekuatan seperti 13000 bom atom, letusan gunung ini menyebabkan tsunami yang sangat besar dan membuat asap bercun yang di hasilkannya menyebar ke pulau yang terdekat, lebih dari 36.000 orang kehilangan nyawa dan seluruh desa lenyap, getarannya menggema di seluruh belahan dunia. Letusan pada tahun 1883 menghancurkan hampir seluruh pulau, dan membentuk sebuah pulau vulkanis baru, yang disebut Anak Krakatau ("anak Krakatau") telah meningkat di tempatnya.

01.Tambora, Indonesia, 1815
tambora tampak atas
Satu lagi gunung yang berasal dari kepulauan Indonesia, Tambora adalah letusan gunung berapi terbesar yang pernah tercatat. Sehingga mempengaruhi musim dunia sehingga yang seharusnya musim panas, menjadi gelap, dan mendinginkan cuaca, ini di karenakan, seluruh debu vulkanis dari letusan gunung ini menghalangi cahaya dan radiasi matahari yang masuk ke bumi, sehingga menyebabkan kegelapan dan hujan debu di mana-mana, dampak dari letusan gunung ini juga membuat daerah eropa dan amerika menjadi gagal pane, sementara itu di Indonesia sendiri telah kehilangan sebesar 10000 jiwa, total dari seluruh kematian yang di sebabkan oleh gunung ini(termasuk karena tsunami) mencapai 92,000 orang.

Sekian postingan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, dan untuk ketelatan posting ini saya mohon maaf. sekali lagi jika ada pesan, kesan, ataupun request, untuk penulis, kalian bisa tuliskan di chat box di samping.
 sekian….


By:vanzz(my second name)

0 komentar:

Posting Komentar